Aguk Irawan Support Bandongan Santri Kebumen

Bedah film Haji Bacpacker dan bedah buku Sang Mujtahid Islam Nusantara (23/10/2016) yang menghadirkan penulis buku dan inspirator film Aguk Irwan, Mn. Kehadiran Aguk Irawan MN membuat antusias para audien serta menjadi spirit para santri dan mahasiswa IAINU kebumen dalam dunia literasi Dalam kesempatan tersebut, Aguk Irawan MN didampingi oleh Novelis Kebumen HAS Chamidi serta Dekan Fakultas Tarbiyah IAINU Kebumen Drs. Cholidy Ibhar, MA. Dalam kesempatan tersebut Aguk menuturkan bahwa menulis membutuhkan kedisiplinan waktu dan istiqomah. Aguk mengajak para audien untuk selalu mencoba menyisihkan sedikit waktu untuk menulis. Aguk bahkan siap menbantu dan siap membaca hasil karya para santri dan mahasiswa IAINU kebumen, dan nantinya akan disalurkan ke penerbit.

Acara tersebut merupakan rangkaian acara Bandongan Hari Santri 2016 di Auditorium IAINU Kebumen (21-23 Oktober 2016) yang mengambil tema “The Unique of Santri”. Menurut Chilidy Ibhar, “dengan momentum Hari Santri Nasional, kita harus bahu-membahu melecut santri agar piawai menulis. Karena lewat karya tulis pula ajaran ahlussunnah ditransmisikan oleh ulama ulama terdahulu dan hingga kini khazanah itu diwarisi generasi sekarang. Hanya, kelak mengapa budaya menulis itu tak seproduktif generasi santri terdahulu”. Hal senada juga disampaikan oleh HAS Chamidi yang mengapresiasi kegiatan jumpa penulis dengan sangat antusias. “semoga acara seperti ini menjadi agenda rutin di Kebumen, sehingga bisa meningkatkan budaya menulis dan membangun jejaring antar penulis yang sudah menasional bahkan mendunia” tutu HAS Chamidi.

Muhammad Latoif sebagai bagian panitia dari Lakpesdam PCNU Kebumen menjelaskan bahwa arah kegiatan Bandongan Hari Santri adalah membangun dunia akademik dan memunculkan dimensi-dimensi budaya Santri sebagai wujud transformasi Resolusi Jihad dalam era kontemporer. Banyak hal yang penting untuk ditampilkan dan disupport dari generasi muda santri, sehingga mereka memiliki karakter Islam Nusantara. “Acara Bandongan Hari Santri Nasional akan menjadi distingsi khas kegiatan Lakpesdam PCNU Kebumen setiap tahun untuk memberi support bagi santri dan mahasiswa untuk tidak hanya berani bicara, tapi berani berkarya”, Tambah Muhammad Latoif.