Renstra

RENCANA S TRATEGIS FAKULTAS Tarbiyah IAINU KEBUMEN 

A.    Landasan 1. Undang-undang Nomor 23 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional; 2. Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen; 3. Undang-undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanan Pembangunan Nasional; 4. Peraturan Pemerintah No. 60 Tahun 1999 tentang Pendidikan Tinggi.5. Peraturan Pemertintah No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan; 6. Peraturan Pemertintah No. 7 Tahun 2005 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Tahun 2004-2009; 7. Strategi Pendidikan Tinggi Jangka Panjang Indonesia 2003-2010 atau Strategi Jangka Panjang Pendidikan Tinggi (HELTS) 2003-2010; 8. Rencana Strategis IAINU Kebumen Tahun 2004-20099. Akta Notaris LPPTNU Kebumen No. 8 tanggal 20 Maret 200210. Statuta IAINU Kebumen tahun 2010 – 2014  

B.    Visi 

Unggul dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan Islam yang Cakap Bersahaja Pada Tahun 2020

C.    Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan transformatif untuk menghasilkan lulusan yang Cakap Bersahaja.
  2. Mengembangkan kerjasama dengan berbagai lembaga dalam skala regional, nasional, dan internasional.
  3. Mewujudkan tata kelola kelembagaan yang efektif dan berbasis kualitas.
  4. Meningkatkan produksi penelitian untuk mengembangkan ilmu dan mengembangkan nilai-nilai kearifan lokal berwawasan inklusif
  5. Menyelenggarakan pengabdian yang dapat digunakan untuk membangun kewarganegaraan Islam.

D.    Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan yang unggul dalam keislaman, keilmuan, dan pengalaman manajerial dan memiliki karakter cakap temanaja.
  2. Terbangunnya kerjasama dengan berbagai lembaga dalam skala regional, nasional dan internasional.
  3. Terbangunnya lembaga yang sehat, efektif dan memiliki tata kelola yang berbasis mutu.
  4. Menghasilkan lulusan yang profesional dengan responsibilitas dan kemampuan problem solving yang tinggi.
  5. Munculnya lulusan yang memiliki kemampuan dalam riset dan menghasilkan karya akademik.

E.     Analisis Kekuatan, Kelemahan, Peluang Dan Tantangan 1.      Kondisi Internal Yang Mempengaruhi:

  1. Kekuatan
  • Merupakan institusi yang berada dalam payung organisasi Nahdlatul Ulama, organisasi terbesar di Indonesia bahkan di dunia.
  • Apresiasi dan keinginan civitas akademika IAINU Kebumen untuk berupaya meningkatkan kualitas dan mutu akademik.
  • Memiliki banyak alumni yang bersemangat tinggi dalam mengembangkan ilmu pengetahuan, dan mampu sinergis dengan masyarakat.
  • Memiliki dosen-dosen muda yang loyal dan militant dengan rasa ke-NU-an yang tinggi.
  • IAINU Kebumen merupakan kampus tertua di Kabupaten Kebumen.
  • Sumber daya manusia yang terdiri atas : tenaga dosen sebanyak 46 orang dengan kualifikasi s-2. Ditambah lagi dengan dukungan tenaga administrasi sebanyak 7 orang pegawai. Pada sisi lain, jumlah mahasiswa S. 1 reguler yang terdiri atas 929 orang,
  • Sarana penunjang berupa tanah seluas 8.900 m2 yang terletak di jalan Tentara Pelajar No. 55 B dengan luas bangunan 2.141 meliputi gedung perkantoran, aula, ruang fakultas, perpustakaan dengan jumlah buku 6.009 judul, 19.169 eksemplar, ruang kuliah, laboratorium bahasa, kantor administrasi, musholla, lapangan olah raga, disamping itu 5.000 m2 tanah kosong milik penduduk yang tidak ada bangunannya.
  • Apresiasi dan keinginan civitas akademika IAINU Kebumen untuk berupaya meningkatkan kualitas dan mutu akademik.
  • Misi ke-Islaman yang melekat pada IAINU Kebumen menjadi nilai tambah dalam optimalisasi Tri Dharma Perguruan Tinggi baik pada tataran keilmuan, kemasyarakatan dan kebangsaan.
  • Letak geografis dengan sentral kampus berada di jalan utama kota Kebumen yang memungkinkan mobilitas dalam penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi akan lebih optimal.
  1. Kelemahan:
  • Sistem manajemen belum terlaksana sempurna, misal belum adanya pola rekruitmen dosen, dan rekruitmen karyawan (rasa kekeluargaan masih mengemuka).
  • Belum adanya regulasi yang mengatur Satuan Organisasi Tata Kerja (SOTK) secara komprehensif, pola rekruitmen dosen dan karyawan, pola rekruitmen mahasiswa, dan inkonistensi pelaksanaan regulasi yang telah ada.
  • Masih minimnya tenaga yang handal dalam bidang teknologi dan komunikasi.
  • Lambatnya civitas akademika IAINU mengikuti perkembangan teknologi informasi dan wacana baru.
  • Jumlah judul buku di perpustakaan tidak sebanding dengan kebutuhan mahasiswa, buku-buku yang ada didominasi buku lama, buku-buku kontemporer, dengan isu baru, masih kurang dan tidak ada buku-buku berbahasa asing.
  1. Peluang:
  • Semangat tinggi dari segenap civitas akademika untuk maju.
  • Sinergitas kerja dan pengabdian di kalangan civitas akademik fakultas tarbiyah IAINU Kebumen, akan menjadikan kampus ini sebagai kampus unggulan.
  • Belum ada universitas besar di Kebumen.
  1. Tantangan
  • Beberapa dosen kampus di IAINU mayoritas berusia muda, enerjik dan bersemanat tinggi.
  • Stigma negatif terhadap IAINU, kesan ijazah tidak laku telah mengakar dalam ingatan masyarakat, sulit menghapusnya.
  • IAINU didominasi Departemen Agama, padahal untuk menjadi universitas harus masuk ke wilayah Kementerian Pendidikan Nasional.

2.      Kondisi Eksternal Yang Mempengaruhi

  1. Kekuatan
  • Di Kebumen mayoritas masyarakat adalah beraqidah Islam ahlussunnah wal jama’ah, dengan militansi yang tinggi.
  • Beberapa pejabat penting di Kebumen memiliki simpati kepada IAINU dan NU.
  • Kebumen merupakan Kabupaten yang sedang berkembang, terjadi percepatan-percepatan pengembangan di bidang media massa, pembangunan, infrasturktur industri dan lain-lain.
  1. Kelemahan
  • Stigma kota yang mandeg (stagnan) masih melekat, hal ini karena Kebumen adalah daerah transit bukan daerah tujuan, meskipun pelan-pelan stigma ini luntur dengan perkembangan kabupaten.
  • Infrastruktur pendukung lingkungan universitas belum terpenuhi, misalnya kos-kosan, warung-warung yang sesuai dengan kantong mahasiswa, tersedianya buku-buku yang berkualitas dan sesuai dengan kantong mahasiswa, rental-rental computer di sekitar kampus, foto copy yang bagus dan harga murah dan lain-lain.
  1. Peluang
  • Undang-undang Guru dan Dosen yang menuntut kualifikasi guru harus S.1/S.2 untuk beberapa posisi.
  • Perdagangan bebas menuntut peningkatan efisiensi produksi
  • Tenaga kepakaran akan berkembang sangat pesat dan tanpa batas negara sesuai dengan kondisi perdagangan bebas
  • Kerjasama regional antar negara akan meningkatkan kegiatan perekonomian
  • Peran teknologi komunikasi dan informasi akan semakin dominan di masa yang akan datang
  1. Tantangan
  • Stigma kampus lokal.
  • Derajat kesehatan semakin membaik
  • Pembangunan mulai berwawasan lingkungan
  • Kelas menengah yang semakin kuat dan kualitas demokrasi semakin meningkat
  • Hukum menjamin kepastian dan kondisi hankam makin mantap
  • Ketahanan ekonomi makin kuat
  • Pertumbuhan penduduk kota meningkat jauh lebih cepat
  • Pemerataan pendidikan bagi seluruh wilayah Indonesia perlu dilakukan untuk menunjang pertumbuhan ekonomi regional

F.     Tujuan dan Objektif Pelaksanaan Kegiatan di fakultas tarbiyah IAINU Kebumen1.      Meningkatkan efisiensi pendidikan dan perkuliahan2.      Menghasilkan output yang berkualitas3.      Mempertahankan posisi IAINU sebagai perguruan tinggi yang berada dalam garis depan pendidikan.4.      Membuka program sarjana5.      Menciptakan peluang dan kondisi untuk dapat berperan sebagai Research and Development University6.      Memberikan dukungan pengembangan untuk meningkatkan mutu dan kapasitas perguruan tinggi di seluruh Indonesia

G.     Strategi dan Kebijakan Pengembangan fakultas tarbiyah IAINU Kebumenv  Menciptakan kondisi kerja yang mendukungØ  Mengupayakan pendapatan yang memadai bagi staf akademik dan administratifØ  Memberikan penghargaan pada saat yang tepat kepada mahasiswa, tenaga akademik dan staf administratifØ  Memberikan arahan dan peraturan yang jelasv  Tumbuh bersama Perguruan Tinggi lainØ  Pengembangan kurikulum dan materi pendidikan tinggi teknikØ  Pembinaan staf pengajarØ  Pengembangan sistem pengelolaan pendidikan dan administrasi.Ø  perguruan tinggi yang berkualitasØ  Pembinaan staf administrasi dan teknisi yang secara nasionalØ  diduga lemah kualitasnyav  Menguasai dan memanfaatkan teknologi komunikasi dan informasi dalam kegiatan pendidikanv  Meningkatkan dan mengembangkan penguasaan agama dan pendidikanv  Meningkatkan dan mengembangkan penguasaan matematika dan ilmu dasarv  Meningkatkan kualitas pembinaan mahasiswav  Aktif meningkatkan kerjasama dan membentuk networkingv  Meningkatkan program kerjasamav  Memperluas jaringan kerjasama internasional

H.    Rencana Strategis Pengembangan Bidang Akademik dan Program

1.      Produk mahasiswaMenyempurnakan program pendidikan dan penelitian untuk menuju kepada populasi mahasiswa reguler berkualitas pada tahun 2020.

2.      Pengembangan tenaga akademikMembina kekuatan minimal tenaga akademik untuk mencapai rasio dosen/mahasiswa.

3.      Pengembangan tenaga administrasiPenyesuaian perbandingan ratio tenaga administrasi/mahasiswa menjadi 1

4.      Program akademikv   Meningkatkan efisiensi pendidikan dan perkulihan.  Mengkaji kurikulum reguler dan menyesuaikannya dengan perkembangan.  Mengintensifkan upaya untuk dapat melakukan kegiatan perkuliahan dengan lebih baik.  Mengembangkan metoda perkulihan. Melakukan upaya mengenal internal efisiensi proses.  perkulihan dan benchmarking kualitas produk fakultas tarbiyah IAINU Kebumen terhadap kualitas produk PT lainv   Mengembangkan program distence learning

5.      Program pendukung kegiatan akademik v   Meningkatkan efisiensi operasi administrasi fakultas tarbiyah IAINU Kebumenv   Mengembangkan sistem informasi, indikator kinerja dan bench marking output perguruan tinggiv   Meningkatkan kemampuan emosional mahasiswa melalui kegiatan terpadu asrama mahasiswav   Mengembangkan pendidikan berkelanjutan untuk para profesionalv   Mengembangkan konsep perluasan kampus fakultas tarbiyah IAINU Kebumen dengan melakukan kerjasama dengan pihak lain.v   Bekerjasama dengan pihak terkait untuk menuju terciptanya universitas inteligent di Indonesia sebagai basis dari pusat pertumbuhan regionalv   Membuka diri dan mengembangkan kerjasama internasional

6.      Fasilitas pendukung diperlukan yang telah dimiliki: v   Pembangunan jaringan internal komunikasi kampus (internet dan komputer, hotspot area)v   Pembangunan pusat penelitian dan pengabdian pada masyarakatv   Pembangunan asrama mahasiswa dengan kapasitas 200 mahasiswa/tahunv   Pembangunan Sport Hall dan Auditorium

7.      Fasilitas pendukung diperlukan yang akan dibangun:v   Pembangunan Pusat Pelatihan Administrasi dan Manajemen Pendidikanv   Pembangunan Lab. Bahasa dan Bidang Strategisv   Pembangunan Pusat Kesehatan IAINUv   Pembangunan Pusat Pelayanan Umum IAINUv   Pembangunan Pusat Kerjasama Internasionalv   Pembangunan gedung pascasarjanav   Pengembangan kampus IAINU dengan model bentuk bangunan Logo NU. (gambar terlampir).

I.     Rencana Strategis Pengembangan Bidang Fisik IAINU

v  Kondisi sarana kampus saat ini (tahun 2012/2013).  Jumlah mahasiswa 1600 orang.  Penerimaan mahasiswa baru 400 orang.  Jumlah tenaga akademik 83 orang.  Jumlah tenaga non akademik 15 orang.  Luas lahan kampus 15 Ha.  Luas bangunan kampus 8.369 m2 v  Proyeksi kondisi tahun 2015 (dihitung berdasarkan perhitungan daya dukung maksimum kampus IAINU dan rencana perluasan kampus ke arah timur, selatan dan utara).  Jumlah mahasiswa 1900 orang.  Penerimaan mahasiswa baru 400 orang.  Jumlah tenaga akademik 100 orang.  Jumlah tenaga non akademik 25 orang. Kebutuhan luas ruang 14.000 m2. Luas bangunan yang masih harus dibangun 5.950 m2 v  Secara rinci rencana kegiatan pembangunan fisik di kampus IAINU hingga  tahun 2015 akan mencakupØ  Rektorat                         20           m2.  Kampus Utama            7000      m2.  Kampus Timur              6000      m2.  Pascasarjana                               350         m2.  Renovasi                       400         m2

J.     Rencana lain pengembangan kampus

v  Infrasrtuktur komunikasi kampus (IAINU Back Bone, SIAKAD, SISFOKOL, E-Campus)v  Penambahan Bandwith Unlimited Hotspot Area.v  Pavingisasi jalan penghubung kampus (Plaza)v  Peningkatan Daya Listik Kampus minimal 70 PKv  Penghijauan halaman kampus (tamanisasi)v  Pembebasan lahan tepi timur lapangan Islamic Center, dan sebelah timur samsat.v  Pembuatan Tempat Parkir yang layak.

K.    Alternatif sumber pendanaan

v  Menerapkan SPP berbeda untuk kelompok mahasiswav  Meningkatkan jumlah mahasiswav  Mengembangkan pendidikan berkelanjutan sebagai bagian dari bisnis inti perguruan tinggiv  Meningkatkan kerjasama penelitian dengan industri dan pemerintah.v  Membentuk Badan Usaha Milik IAINU yang membawahi produksi dan pemasaran di kampus, Koperasi Mahasiswa, Koperasi Dosen/Karyawan.

L.     Pola Pendanaan Rencana Strategis Pengembangan IAINU 2014-2019

1. Biaya pos yang muncul yaitu: v biaya Rutin (1 milyar), v biaya Operasional (1 milyar), v biaya Perawatan (500 juta), v biaya Pembangunan / Pengadaan (5 milyar) 2. Biaya pos untuk pembangunan lebih dari Kampus Timur 1000 m2v Wilayah IAINU lain 1.000 m2v Renovasi 5.000 m2 3. Pembangunan gedung Kantor Utama (Gedung Ketua) 1,2 miliar Kampus Utama 5 miliar Kampus Timur 3 miliar raya 2 milyar Wilayah IAINU lain 1 milyar bangunan 500 jutav Penyediaan lahan dan infrastruktur 1 milyar