Visi dan Misi PGMI

Visi Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) yakni:

”Sebagai program studi unggulan dan rujukan dalam pengembangan sumber daya yang cakap dan bersahaja dalam disiplin ilmu Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyyah

Misi Program Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) yakni:

  • Menyiapkan pusat pendidikan dasar yang representatif, unggul, dan kompeten yang sesuai tuntutan lembaga profesional.
  • Mengembangkan pendidikan guru yang profesional pada tingkatan MI/ SD berwawasan keislaman.
  • Mengembangkan penelitian yang inspiratif, inovatif, dan aplikatif pada tingkatan pendidikan dasar berbasis keislaman.
  • Membentuk guru MI/ SD yang tanggap (responsif) terhadap perkembangan sosial keagamaan dalam konteks pengabdian masyarakat.
  • Membangun kerja sama dengan berbagai stakeholder dalam rangka membangun dan mengembangkan pendidikan dasar.

Tujuan Program Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) yakni:

  • Menjadi pusat pendidikan ke­pendidikan Islam yang re­pre­sentatif, unggul, dan kom­peten, yang sesuai tuntutan lembaga profesional.
  • Menghasilkan guru Madrasah Ibtidaiyyah (MI) dan Sekolah Dasar (SD) yang profesional, dan memiliki komitmen terhadap keunggulan kompetensi, kom­petitif, dan inovatif.
  • Menghasilkan guru yang ahli dalam pengembangan bahan ajar, media, dan konseling anak pada MI/ SD.
  • Menjadi pusat studi yang konsen terhadap pengembangan, pe­nyebarluasan, dan penerapan ilmu pendidikan dasar melalui penelitian, pelatihan, dan peng­abdian pada masyarakat.
Sasaran Prodi PGMI periode 2013-2018 dibagi menjadi tiga tahapana.   Sasaran Prodi PGMI Tahap I Tahun 2013-2014:

Sasaran Strategi

Mahasiswa1.    Indek Prestasi Kumulatif (IPK) Semester sama dengan atau lebih besar dari 3.25.

2.    Memperkuat Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) sebagai guru kelas pada Madrasah Ibtidaiyah/Sekolah Dasar yang berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir di bidangnya serta bertanggung jawab terhadap pelaksanaan tugas berlandaskan etika keilmuan dan profesi.

3.    95% mahasiswa menyelesaikan mata kuliah yang diambil.

1.   Mengembangkan suasana akademis yang kondusif, sehingga memberi kemungkinan seluruh warga kampus dapat bekerja secara optimal sesuai dengan fungsinya masing-masing.2.   Memenuhi kebutuhan sarana dan prasarana pembelajaran yang diperlukan bagi pelaksanaan tridharma perguruan tinggi.

3.   Proses perkuliahan dengan sistem seminar, praktek, meneliti, dan menggali referensi serta ide-ide inovatif sehingga muncul pikiran-pikiran kritis dan kreatif. Dibarengi dengan pengaplikasian materi-materi religius  dalam proses perkuliahan dan kehidupan kampus.

4.   Program Pendidikan Guru yang berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir di bidangnya serta bertanggung jawab terhadap pelaksanaan tugas berlandaskan etika keilmuan dan profesi.

5.   Penyelenggaraan kegiatan studium general.

6.   Mahasiswa diwajibkan memiliki kemampuan bahasa inggris dan arab.

7.   Mengembangkan sistem penjaminan mutu yang memungkinkan mahasiswa menyelesaikan studi dengan tepat waktu.

 

Dosen1.    Menghasilkan penelitian ilmiah dalam bidang Pendidikan Guru Dasar minimal 3 buah/tahun/dosen dan terpublikasikan dalam Jurnal ISSN/Nasional/Internasional/buku penelitian.

2.    Menjadikan pengabdian kepada masyarakat sebagai salah satu unsur yang harus ada dalam penilaian Beban Kerja Dosen

3.    Menghasilkan karya ilmiah dalam bentuk buku/artikel minimal 3 buah/dosen/tahun.

1.    Menyediakan anggaran untuk penelitian dosen melalui Pusat Penelitian dan Penerbitan

 

 

 

 

2.    Melaksanakan kegiatan pengabdian pada masyarakat minimal 3 keg/tahun/dosen.

3.    Melibatkan dosen dalam kegiatan Kuliah Kerja Nyata melalui Pusat Pengabdian Kepada Masyarakat

4.    Melibatkan dosen dalam kegiatan Praktek Penelitian Lapangan  Kependidikan melalui Fakultas Tarbiyah

5.    Melibatkan dosen dalam kegiatan Pendidikan Latihan Profesi Guru melalui Fakultas Tarbiyah

6.    Pemberian reward kepada dosen yang memiliki karya buku yang diterbitkan oleh penerbit nasional, dan artikel yang diterbitkan pada jurnal nasional terakreditasi dan internasional bereputasi, serta artikel yang termuat dalam prosiding seminar nasional/internasional

 

b.   Sasaran Prodi PGMI Tahun 2015-2016:

Sasaran Strategi

Mahasiswa1.    Indek Prestasi kumulatif (IPK) Semester sama dengan atau lebih besar dari 3.25.

2.   Memperkuat Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) sebagai guru kelas pada Madrasah Ibtidaiyah/ Sekolah Dasar yang berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir di bidangnya serta bertanggung jawab terhadap pelaksanaan tugas berlandaskan etika keilmuan dan profesi.

3.    100% mahasiswa menyelesaikan mata kuliah yang diambil.

4.    Masa penyelesaian studi sama dengan atau lebih kecil dari 4 tahun mencapai 100%.

 

5.    Terserap oleh dunia kerja dalam waktu 0 bulan masa tunggu.

 

1.   Mengembangkan suasana akademis yang kondusif, sehingga memberi kemungkinan seluruh warga kampus dapat bekerja secara optimal sesuai dengan fungsinya masing-masing.2.   Memenuhi kebutuhan sarana dan prasarana pembelajaran yang diperlukan bagi pelaksanaan tridharma perguruan tinggi.

3.   Proses perkuliahan dengan sistem seminar, praktek, meneliti, dan menggali referensi serta ide-ide inovatif sehingga muncul pikiran-pikiran kritis dan kreatif. Dibarengi dengan pengaplikasian materi-materi religius  dalam proses perkuliahan dan kehidupan kampus.

4.   Penyediaan mata kuliah  keislaman, manajemen, enterprenuership, evaluasi, supervisi, administrasi, peneltian,   keguruan, perpustakaan dan kebahasaan secara teori dan praktek.

5.   Penyelenggaraan kegiatan stadium general.

6.   Mahasiswa diwajibkan menguasai bahasa inggris dan bahasa arab.

7.   Mengembangkan sistem penjaminan mutu yang memungkinkan mahasiswa menyelesaikan studi dengan baik dan tepat waktu.

8.   Menjalin kerjasama yang saling menguntungkan (baik secara finansial, sarana prasarana, maupun SDM) dengan berbagai pihak baik di dalam maupun di luar kampus.

 

 

c.   Sasaran Prodi PGMI Tahun 2017-2018:

Sasaran Strategi

Mahasiswa1.    Indek Prestasi kumulatif (IPK) Semester sama dengan atau lebih besar dari 3.30.

2.    Memperkuat Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) sebagai guru kelas pada Madrasah Ibtidaiyah/ Sekolah Dasar yang berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir di bidangnya serta bertanggung jawab terhadap pelaksanaan tugas berlandaskan etika keilmuan dan profesi.

3.    Menguasai teknologi informasi dan komunikasi yang dapat meningkatkan proses pembelajaran.

4.    100% mahasiswa menyelesaikan mata kuliah yang diambil.

5.    Masa penyelesaian studi sama dengan atau lebih kecil dari 4 tahun mencapai 100%.

6.    Terserap oleh dunia kerja dalam waktu 0 bulan masa tunggu .

 

1.   Mengembangkan suasana akademis yang kondusif, sehingga memberi kemungkinan seluruh warga kampus dapat bekerja secara optimal sesuai dengan fungsinya masing-masing.2.   Memenuhi kebutuhan sarana dan prasarana pembelajaran yang diperlukan bagi pelaksanaan tridharma perguruan tinggi.

3.   Proses perkuliahan dengan sistem seminar, praktek, meneliti, dan menggali referensi serta ide-ide inovatif sehingga muncul pikiran-pikirankritis dan kreatif. Dibarengi dengan pengaplikasian materi-materi religius  dalam proses perkuliahan dan kehidupan kampus.

4.   Penyediaan mata kuliah  yang memperkuat Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) sebagai guru kelas pada Madrasah Ibtidaiyah/ Sekolah Dasar yang berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir di bidangnya serta bertanggung jawab terhadap pelaksanaan tugas berlandaskan etika keilmuan dan profesi. secara teori dan praktek.

5.   Penyelenggaraan kegiatan stadium general.

6.   Mahasiswa diwajibkan memiliki ketrerampilan bahasa inggris dengan standar TOEFL dan TOAFL

7.   Mengembangkan sistem penjaminan mutu yang memungkinkan mahasiswa menyelesaikan studi dengan baik dan tepat waktu.

8.   Menjalin kerjasama yang saling menguntungkan (baik secara finansial, sarana prasarana, maupun SDM) dengan berbagai pihak baik di dalam maupun di luar kampus.