Visi, Misi MPI

Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran, serta strategi PENCAPAIAN

 Visi, Misi, Tujuan, dan Sasaranserta Strategi Pencapaian

  • Jelaskan mekanisme penyusunan visi, misi, tujuan dan sasaran
  1. Pertama, pihak institut bersama dengan yayasan membuat tim penyusun Visi, Misi, Tujuan dengan sasaranprogram studi (prodi)Manajemen Pendidikan Islam (MPI). Tim penyusun visi misi dikuatkan dengan SK no In.11.X.10/IAINU/R/IV/099/2014. tentang tim penyusun visimisi prodi MPI yang terdiri dari pimpinan, dosen, dan karyawan.
  2. Kedua,selanjutnya tim penyusun visi, misi, tujuan mengadakan sidang pada tanggal 27 April 2014 bertempat di hotel Candisari dengan mengundang dan melibatkan civitas akademik[1] prodi MPI dan calon pengguna users.[2]Tahap penyusunan visi, misi, tujuan dan sasaran dilakukan dengan langkah:(1)penggalian ide dan gagasan mengenai hal apa saja yang harus termuat didalamnya untuk membuat strategi dan program (jangka panjang dan menengah) pada prodi MPI[3];(2)dari masukan pada tahap pertama tersebut selanjutnya dibuatlahvisi, misi, tujuan dan strategi;(3)dalam rangka pemantapanvisi, misi, tujuan dan strategipada prodi MPI, pihak prodi melakukan penajaman bersama dengan tim ahli dari kampus sendiri dalam bentuk workshop yang dilaksanakan pada tanggal 15 Mei 2014.
  3. Ketiga,visi, misi, tujuan dan strategi yang sudah jadi selanjutnya diserahkan kepada pimpinan untuk dilakukan evaluasi dalam sidang pimpinan bersama dengan senat dan dilakukan perbaikan jika diperlukan. Sidang ini dilaksanakan pada tanggal 20 Mei 2014 yang bertempat diruang rektorat IAINU Kebumen.
  4. Keempat,visi, misi, tujuan dan strategi PS MPI disidangkan dalam rapat pimpinan dan senat serta diadakan perbaikan seperlunya, selanjutnya disahkan oleh SKRektor nomer SK no In.11.X.10/IAINU/R/IV/110/2014.
  5. Kelima,sosialisasi, maksud dari sosialisasi visi, misi, tujuan dan strategi adalah untuk mensosialisasikan visi, misi, tujuan dan strategi yang sudah disahkan kepada civitas akademik. Sosialisasi dilaksanakan dengan cara
  6. Menuliskan dan memasang visi, misi, dan tujuan prodi MPI IAINU Kebumen pada banner.
  7. visi, misi, dan tujuan prodi MPI IAINU Kebumen dituliskan pada, buku pedoman akademik[4] dan spanduk yang dipasang pada kegiatan mahasiswa yang dilaksanakan diluar kampus.
  8. Rapat koordinasi para pimpinan, baik institut maupun prodi dengan tujuan para dosen dan civitas akademik dilingkungan kampus IAINU Kebumen
  9. Mengumpulkan mahasiswa disetiap angkatan untuk mendapatkan penjelasan tentang visi, misi, dan tujuan prodi MPI IAINU Kebumen Untuk lebih jelasnya alur tersebut dapat dilihat pada berikut ini.
  • Visi

Visi Program Studi Pendidikan Manajemen Pendidikan Islam (MPI) yakni:

islami, profesional, mandiri, dan menjadi program studi unggulan tahun 2021.

Visi prodi MPI IAINU Kebumen menjadikan ciri khas internal yang dimilikinya. Ciri khas tersebut menunjukan nilai komprehenshipnya dalam bidang ilmu menjemen pendidikan islam.Ciri khas ini dibangun dalam bangunan akademik menurut kurikulum nasional KKNI. Hal ini sebagai penunjang daya tahan dan daya saing MPI IAINU Kebumen dikancah regional dan nasional. sisi keunggulan prodi MPI IAINU Kebumen dapat ditunjukan dalam:(a)teori Manajemen pendidikan islam;[5](b)aplikasi teori Manajemen pendidikan islam melalui pengabdiankepadamasyarakat;[6](c); penelitian lapangan dan perpustakaan[7](d) event organitation;[8]dan(e)pendampingan pengembangan lembaga pendidikan dimasyarakat.[9] 

Makna Islami ialah,

Prodi  MPIsebagai tauladanuntuk masyarakat umum dan civitas akademik pada PTKIS di Jawa Tengahdalam bidang nilai-nilai keislaman. Sebagai contoh misalnya civitas akademik MPI IAINU Kebumen dapat mengkader calon pemimpin yang dapat menjadi panutan bagi yang dipimpinnya,[10]mahasiswa mampu mewujudkan kelas yang nyaman serta menjadikan kelasyang menjunjung tinggi nilai keilmuan,[11] mampu menghormati perbedaan pendapat dalam diskusi maupun dilingkungannya masing-masing, menjadi  penyemangat bagi prodi diluar MPI IAINU Kebumen untuk selalu bergerak memajukan pendidikan.[12]

 Makna profesional ialah,

kata profesional pada visi prodi MPI IAINU Kebumen adalah sebagai salah satu ketersambungan dengan kalimat Cakap Bersahaja.[13] Kalimat tersebut tertulis dalam visi institut IAINU Kebumen. Kata profesional disini sebagai salah satu kekhasan yang ditonjolkan  oleh Prodi  MPI. Prodi MPI IAINU Kebumen memaknainya dengan  mampu dan berkompeten. Untuk itu maka mahasiswa MPI memiliki keahlian dalam bidang Manajemenpendidikan islam. Keahlian tersebut meliputi ranah keilmuan, kepribadian, dan sosial.

 Makna mandiri ialah,

prodi MPI mengarahkan mahasiswanya menjadi manusia yang mandiri, yaitu manusia yang dapat melihat permasalahan,khususnya dibidang Manajemen pendidikan islam serta mereka dapat menyelesaikannya. Penyelesaian tersebut dengan cara mendorong lembaga untukmenjadi lembaga yang mandiri berbasis dirinya sendiri ataupun berbasis masyarakat sekitarnya. Kemandirian tersebut diwujudkan dari segi pengelolaan masalah pendidikan pada lembaga pendidikan atau masyarakat, ataupun mandiri pada bidang pembiayaanya. Dengan demikian maka diharapkan mahasiswa dan alumni prodi MPI IAINU Kebumen dapat menjadi manusia yang mandiri, menjadikan lingkungannya mandiri, dan juga tidak memilikiketergantungan dengan pihak lain dari berbagai bidang permasalahan pendidikanyang dihadapinya.

menjadi program studi unggulan tahun 2021

bermakna,prodi MPI IAINU Kebumen pada tahun tersebut menjadi rujukan bagi pengembang pendidikan yang sejenis di Jawa Tengah. keunggulan tersebut ditunjukan dengan perkembangan profesionalitas yangdimiliki oleh alumninya, kepiawaian alumninya mengatasi masalah pendidikan dimasyarakat (pendidikan non formal) ataupun dilembaga pendidikan formal. Keunggulan tersebut diharapkan terwujud pada tahun 2021, hal tersebut adalah target yang ditentukan agar  proses yangdilalui oleh mahasiswa dan civitas akademika prodi MPI IAINU Kebumen tidak stagnan dari tahun ketahun, artinya mahasiswa dan civitas akademika prodi MPI IAINU Kebumenharus melakukan inovasi pada setiap jenjang akademiknya. Jenjang ataupun tahapan untuk mencapai tujuan tersebut adalah sebagai berikut :

2014 s.d 2016 2017 s.d 2019 2020 s.d 2021
Pekuliahan berbasis data permasalahan yang ada pada pendidikan formal dan non formal di kabupaten Kebumen Perkualiahan berbasis research dan problem solving dengan subyek pendidikan formal dan non formal dikabupaten Kebumen Perkuliahan berfokus pengembangan manajemen lembaga pendidikan formal dan nonformal berbasis digital (off line dan on line)
  • Misi

Misi Program Pendidikan Manajemen Pendidikan Islam (MPI) yakni:

  • Menyelenggarakan perkuliahan yang islami, inovatif, berbasis teknologi

Perkuliahan pada prodi MPI IAINU Kebumen dilaksanakan dengan menjunjung tinggi kebersamaan. Hal ini sebagai salah satu bentuk perwujudan dari kata jamaah dalam ideologi islam. Dengan prinsip ini maka diharapkan mahasiswa MPI IAINU Kebumen dapat mengikuti perkuliahan secara bersama-sama dan meminimalisir perbedaan diantara sesama mahasiswa.

Dosen-dosen MPI IAINU Kebumen dituntut utuk melaksanakan perkuliahan secara inovatif, tidak boleh melaksanakan perkuliahan secara monoton dari setiap pertemuan dan setiap semester walaupun dengan mata kuliah yang sama yang diampunya. Dengan strategi ini diharapkan akan mberikan efek terhadap mahasiswa untuk selalu mengikuti perubahan sebagai salah satu bentuk inovasi yang dilakukan oleh dosen pengampu mata kuliahnya. Selain itu juga melatih mahasiswa untuk berlaku inofatif dalam melaksanakan berbagaikegiatan akademik dan keilmuan yang dimilikinya.

Perkuliahan berbasis teknologi adalah sebagai salah satu bentuk jawaban terhadap tantangan perkembangan masadi era revolusi indistri jilid empat. Dengan strategi ini maka sangat jelas, bahwa dosen dan mahasiswa harus melaksanakan dan mengikuti perkembangan ini dengan melaksanakan dan mengembangkan materi perkuliahan berbasis teknologi. Minimal kegiatan ini menggunakan alat peraga sebagai alat perkuliahan dan diskusi mahasiswa.

  • Mengembangkan penelitian Manajemen pendidikan islam dan sosial

Sebagai salah satu langkah pelaksanaan visi prodi MPI IAINU Kebumen maka prodi berusaha melaksanakan penelitian dibidang Manajemen pendidikan islam dan sosial. Penelitian ini dilaksanakan oleh dosen pengampu mata kuliah dengan mahasiswa. Dengan program ini diharapkan bahwa prodi MPI IAINU Kebumen menjadi salah satu agen peneliti dan pengembang ilmu manajemen pendidikan islam.

  • Mengembangkan pengabdian masyarakat dibidang Manajemen pendidikan islam

Prodi MPI IAINU Kebumen hampir memiliki kesamaan dengan prodi lain, baik dengan internal lembaga maupun eksternal lembaga. Yang membedakan prodi MPI IAINU Kebumen dengan yang lain adalah terletak pada fokus pengabdiannya. Jika prodi lain melaksanakan pengabdian masyarakat pada bidang umum, prodi MPI IAINU Kebumen dalam melaksanakan pengabdian masyarakat fokus kepada pengembangan masyarakat berbasis manajemen pendidikan islam. Sebagai contohnya prodi MPI melalui kuliah kerja nyata yang dilaksanakan oleh Institut, prodi MPI membuat program kerja dengan berbasis manajemen pendidikan. Mahasiswa MPI dalam kelompoknya diwajibkan membuat program kerja dan melaksanakannya dengan caraberkolaborasi bersama masyarakat melaksanakan proses Manajemen pendidikan islam.

  • Membangun networking

Pembangunan networking yang dilaksanakan oleh prodi MPI IAINU Kebumen adalah salah satu ciri khasnya. Hal ini diberikan kepada mahasiswa MPI misalnya dalampelaksanaan PLP. Mahasiswa yang melaksanakan PLP tidak hanya mencari pengalaman ataupun mengaplikasikan serta mengembangkan bidang keilmuannya,namun mahasiswa yang melaksanakan PLP juga dituntut untuk membangun jaringan dalam rangka mencari bahan penulisan skripsi. Langkah membangun networking pada prodi MPI IAINU Kebumen juga disuport oleh seluruh civitas akademik prodi. Sebagai bentuk riilnya adalah kerjasama prodi dengan jaringan MPI nasional,[14]lembaga pendidikanformal,[15] maupun non formal[16] yang ada ditengah-tengah masyarakat.

  • Tujuan

Tujuan Program Pendidikan Manajemen Pendidikan Islam (MPI) yakni:

  • Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, profesional, leadership, dan spiritual sebagai menejer pendidikan diberbagai jalur,jenis, dan jenjang organisasi pendidikan;
  • Menghasilkan lulusan yang mampu melaksanakan tugas-tugas Manajemen pada lembaga pendidikan berlandasknan nilai-nilaiislami;
  • Menghasilkan lulusan pengelola pendidikan pada lembaga pendidikan formal dan non formal;
  • Menghasilkan tenaga administratif pada pendidikan formal dan non formal;
  • Menghasilkan tenaga yang profesional dalam bidang menejemn perkantoran;
  • Menyiapkan sarjana yang memiliki kemampuan bertanggungjawab terhadap karir diberbagai lapangan kerja yang berkaitan dengan Manajemen pendidikan islam dan atau studi lanjut didalam bidang Manajemen pendidikan islam dan memiliki kemampuan berwirausaha/edupreneuer terkait bidang menjemen pendidikan islam;
  • Menyiapkan sarjana yang memiliki kemampuan beradaptasi didalam lingkungan sosialekonomi yang berbeda-beda dan berubah dengan cepat sambil senantiasa mengembangkan dan membangun kesadaran terhadappentingnya Manajemen pendidikan islam;
  • Menyiapkan sarjana yang memiliki kemampuan menulis, presentasi, dan mengambil keputusan yangtepat berdasarkan analisis informasi/data, dan mencari alternatif solusi secara mandiri dan kelompok dengan menggunakan informasi untuk keberlangsungan belajar seumur hidup.

Berdasarkan visi dan misi, tujuan utama lulusan prodi(MPI)IAINU Kbumen adalah sebagai pengelola lembaga pendidikanyang menjunjung tinggi nilai-nilai keislaman, berpengetahuan komprehenship di bidangnya dan berkomitmendalambertugas. kompetensi pendukung lainnya yaitupeneliti pendidikan, pengembang lembaga pendidikan, konsultan pendidikan, dan pengusaha dibidang pendidikan.

[1]Dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa.

[2]Dari unsur kelompok kerja kepala sekolah (K3S) kabupaten Kebumen, pimpinan pondok pesantren.

[3]Dengan mengundang pakar dari luar, DR. Imam Machali, M.Pd

[4]Dapat dilihat pada buku pedoman penulisan skripsi IAINU Kebumen

[5]Diperkuat dengan perkuliahan didalam kelas oleh para dosen melalui kurikulum yang sudah ada

[6]Melalui kegiatan KKN dengan arahan dan bimbingan khusus oleh dosen pembimbing lapangan kepada mahasiswa MPI untuk mengapplikasikan ilmu menjemen pendidikan yang dimilikinya sekaligus mendapatkan data untuk penulisan skripsi.

[7]Penelitian sebagian dilaksanakan pada saat proses perkuliahan bersama dengan dosen pengampu mata kuliah.

[8]Sebagai bentuk latihan, setiap tahun mahasiswa bekerjasama dengan prodi MPI menyelenggarakan seminar dan kegiatan serupa.

[9]Bekerjasama dengan lembaga pendidikan diluar kampus dan melakukan pendampingan untuk pengembangan lembaga pendidikan tersebut.

[10]Prodi mempercyakan setiap seminar kepada mahasiswa untuk menangani

[11]Dengan cara menjaga kebersihan ruang kelas dan lingkungan, diskusi dengan nyaman

[12]Terbukti selama ini prodi MPI IAINU Kebumen adalah prodi paling banyak kegiatannya yang melibatkan mahasiswa dalam setiap tahun dibandingkan dengan prodi lain di IAINU Kebumen.

[13]bersahaja berarti para mahasiswa dan alumni diharapkan memiliki sikap hidup nusantara yakni tawazzun, tawassuth, ta’addul, tasammuh, dan sederhana  dalam menjalani bahtera kehidupan sebagai bagian penting dari olah jiwa.

[14]PPMPI

[15]Lp Maarif Kebumen,

[16]PDpontren kemenag, pengurus takmir masjid, Robithoh Ma’had Kab. Kebumen